Entah sejak kapan tepatnya saya jadi (lebih) sering ditemani secangkir white coffee dikala ngobrol sendiri.

10 Feb 2014

Dibuang Sayang (sebuah gaya hidup)

Perempuan identik dengan kosmetik, Pemahaman saya terhadap kosmetik adalah alat dan bahan untuk mempercantik diri.

"Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) yaitu berhubungan dengan kecantikan (tentang corak kulit), obat(bahan) untuk mempercantik wajah, kulit, rambut dan sebagainya (seperti bedak dan pemerah bibir) khusus wanita"


Coba hitung, dalam satu tahun, berapa kali Anda membeli produk kosmetik? Jika rata-rata kemasan produk itu terbuat dari plastik, berapa banyak sampah plastik yang telah Anda hasilkan? Ato Anda tipikal konsumen yang tertarik untuk menyimpan wadah-wadah kosong bekas kosmetik tersebut karena memang rata-rata memiliki bentuk yang menarik. 
Ada beberapa produsen kosmetik, seperti The Body Shop, Kielh's dan L'Occitane yang menawarkan kepada pelanggan untuk menukarkan wadah bekas pakai produk mereka atau melayani isi ulang. Dan sebagai kompensasi, mereka akan memberikan poin khusus keanggotaan yang bisa ditukar sebagai potongan harga atau promo-promo tertentu. Saya pribadi belum pernah mencobanya di gerai-gerai di kota saya tinggal. 
Dari wadah bekas yang terkumpul, produsen akan mendaur ulang kembali. Hal itu selarah dengantren Blue Ocean Strategy yang sudah diterapkan oleh produsen-produsen besar di Eropa. Strategi tersebut merupakan upaya minimalisir produksi sampah yang juga terkait dengan isu perubahan iklim.
Seperti yang kita ketahui, sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, dan karena itu, merupakan isu penting terkait perubahan iklim.
Bagaimana, Anda tertarik mengurangi sampah plastik?


Diadaptasi dari Reader's Digest Indonesia

0

0 komentar: